Pentingnya Pendidikan Di Wilayah Terpencil


       Sebagaimana yang kita ketahui pada umumnya, pendidikan kini sudah menjadi hal yang wajib dalam kehidupan seseorang. Dengan menjalani pendidikan seseorang akan mampu menjadi lebih baik dari sebelumnya dalam segi pikiran maupun tingkah laku. Selain itu ilmu yang ia dapatkan juga dapat di terapkan untuk kehidupanya sehari-hari. Pendidikan yang dapat ditempuh umumnya dimulai dari sd, smp, sma, sampai perguruan negri tinggi.


       Dalam menunjang pendidikan, pemerintah pun telah membuat berbagai program yang berguna bagi warganya.
Salah satunya adalah program berupa wajib belajar 9 tahun. Berbagai upaya telah dilakukan seperti membebaskan biaya untuk warga yang kurang mampu sampai-sampai memberikan buku geratis kepada mereka. Namun terdapat banyak sekali kendala dalam pelaksanaanya dan juga masih banyak masyarakat yang belum menyadari akan pentingnya pendidikan itu sendiri. Akibatnya pemerintah mendapatkan banyak sekali pr yang harus segera ia selesaikan.


       Salah satu pr yang paling berat adalah menjalankan program wajib belajar 9 tahun bagi warga yang berada di daerah terpencil. karna selain terbatasnya alat transportasi dan sulitnya medan yang dilalui, juga terdapat sarana dan prasarana penunjang kegiatan belajar mengajar yang belum memadai. Belum lagi terdapat juga beberapa warga yang sangat tertutup. Akibatnya program pemerintah menjadi sulit untuk di realisasikan sehingga menimbulkan ketidak merataan dalam menjalankan program wajib 9 tahun itu. Padahal sebenarnya pendidikan itu amatlah penting untuk diri kita semua.


      Sebenarnya hal ini bisa saja dibenahi namun memerlukan waktu yang tidak singkat. Seperti melakukan pendekatan pada warga yang tertutup, melakukan survey pada medan yang akan di tempuh, juga membuat suatu tempat yang kondusif sehingga menciptakan suasana belajar mengajar yang baik serta memberikan tenaga pengajar yang berkompeten. Oleh karna itu diperlukan kerjasama antara warga dan pemerintah untuk merealisasikan program belajar 9 tahun secara baik. Agar dapat terciptanya warga yang cerdas yang berguna bagi nusa dan bangsa.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar