Proses Uji Ketahanan Helm Motor GP


keselamatan menjadi hal pertama yang jadi perhatian FIM. Sebagai alat pengaman utama pembalap, tak sembarang helm bisa berlaga di MotoGP.

Adalah Snell foundation, sebuah lembaga khusus untuk menilai kelayakan helm yang digandeng FIM demi menjaga keselamatan pembalap. Ada banyak syarat yang ditetapkan Snell sebelum sebuah helm bisa ikut membalap.

berikut adalah sekilas tentang Snell Foundation

"The Snell Memorial Foundation memiliki salah satu fasilitas pengujian helm yang paling canggih dan tersibuk di dunia. California laboratorium pengujian helm Snell adalah salah satu dari sedikit di Amerika Serikat terakreditasi untuk ISO 17025 oleh Asosiasi Amerika untuk Akreditasi Laboratorium (A2LA) .

Sebelum helm bisa bersertifikat-Snell, helm itu diuji dalam fasilitas uji state-of-the-art Snell. Snell teknisi melakukan berbagai tes untuk menentukan kinerja helm dan kemampuan untuk tetap di kepala dalam kondisi lingkungan yang berbeda - ambien, semisal dalam kondisi basah, panas, dingin. Tergantung pada aplikasi dan standar, setiap helm harus lulus semua atau beberapa tes "


Salah satu yang utama adalah keharusan Helm memiliki lapisan polystyrene dengan tingkat ketebalan 2,5 cm. Lapisan inilah berfungsi meredam benturan saat terjadi kecelakaan.
Berikut rincian tahap tahap helm untuk Motogp diuji

  1. Impact Test ( Uji Benturan )
  2. Positional Stability ( Uji Kekuatan Tali Pengaman Agar Tidak Lepas)
  3. Dynamic Retention Test ( Uji Kekuatan Tali Pengaman Ketika Jatuh )
  4. Chain Bar Test ( Uji Pelindung Dagu )
  5. Shell Penetration Test ( Uji Benturan Tingkat Lanjut )
  6. FaceShield Penetration Test ( Uji Kaca Pelindung )
  7. Flame Resistance Test. ( Uji Suhu )

Berikut Vidio nya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar