Opini Ketika Menjadi Trader Di Pasar Modal: Forex

Belakangan ini pasar modal mungkin merupakan salah satu wadah yang bisa dibilang cukup menjanjikan dalam menginvestasikan uang kita, namun diperlukan kemampuan dan pengalaman yang tidak sedikit untuk dapat mengenalisa pasar yang ada dengan baik. Karena jika tidak cermat, alih-alih kita mengiginkan keuntungan malah berbuntut pada capital loss atau kerugian.

Di era teknologi dan internet yang berkembang cukup pesat ini, kita dapat menginvestasikan uang yang kita miliki untuk membeli saham yang kita harapkan untuk mendapatkan deviden nantinya maupun menjadi trader. Trader disini bervariasi, seperti menjadi trader saham, forex (foreign excharge), komoditi, indeks, option, maupun fund.

Menurut saya sendiri sebagai orang awam yang baru mulai belajar trading, kegiatan trading sangatlah mengasikan. Karena dengan bermodalkan laptop/pc/tablet dan koneksi internet/wifi kita sudah dapat tersabung kedalam pasar modal dengan mudah dimanapun dan kapanpun. Kita dapat memantau secara real time mengenai pergerakan pasar dan menganalisa pergerakan pasar dengan analisis teknikal maupun analisis fundamental.

Pada awalnya saya mencoba untuk belajar trading pada forex. Saya mencoba untuk membaca berbagai macam artikel di internet maupun beberapa buku yang dijual di tokobuku untuk menambah pengetahuan saya. Saya juga membuat sebuah akun demo yang disediakan oleh salah satu pialang yang ada. Disana saya mencoba untuk memahami pergerakan mata uang yang ada. karena seperti yang kita ketahui, forex adalah suatu wadah perdagangan/pertukaran mata uang asing dengan mata uang asing lainya. seperti perdagangan antara mata uang USD (US Dolar) dengan mata uang JPY (japan yen).


Sebenarnya menurut saya sendiri tidaklah mudah melakukan analisis pada pergerakan mata uang yang ada, karena kita tidak bisa hanya mengandalkan indikator yang ada seperti indikator candle stick pada analisis teknikal. Melainkan kita juga harus mengetahui berita-berita international yang ada yang bisa jadi sangat mempengaruhi kita dalam mengambil keputusan buy atau sell. Oleh karena itu terkadang trader profesional pun dapat mengalami kerugian karena kesalahan dalam mengambil posisi.

Di dalam trading sendiri, menurut saya kita harus dapat mengontrol emosi kita. Karena tidak jarang trader terlalu serakah untuk tetap menahan suatu posisi buy maupun sell untuk mendapatkan keuntungan yang lebih, dan akhirnya malah berbuntut pada kerugian yang terjadi. Seperti yang saya alami pada saat mencoba menahan posisi buy pada USD/JPY pada saat nilai mata uang USD menguat terhadap JPY padahal saya mengetahui USD akan segera melemah, namun saya tetap menahanya untuk mendapatkan keuntungan lebih dan akhirnya USD melemah dan akhirnya saya malah gagal dalam mendapatkan keuntungan yang lebih.

Namun jika kita mengerti dan tidak serakah dalam menjalankan trading kita secara konsisten, maka bisa jadi forex merupakan salah satu trading yang dapat menambah pengasilan bulanan kita bahkan sebagaian orang menjadikan forex sebagai profesi utama mereka untuk mendapatkan penghasilan.

Oleh karena itu, menurut saya sendiri menjadi trader di pasar modal sangatlah mengasikan. Mungkin sekarang saya masih dalam tahap pembelajaran, agar lebih memahami situasi dan kondisi pasar yang bisa berubah kapanpun, namun menurut saya jika kalian tertarik pada pasar modal, tidak ada salahnya untuk belajar mengenai pasar modal.

1 komentar:

  1. bro ane mahasiswa gundar nih mau belajar trading,bisa ajarin ane gak hehehe
    andhikaams@gmail.com mohon bantuan

    BalasHapus